Keberhasilan Dalam Belajar Mengajar



KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR

Suatu proses belajar mengajar tentang suatu bahan pengajaran dinyatakan berhasil apabila memenuhi tujuan instruksional khusus dari bahan tersebut

Indikator keberhasilan

Petunjuk bahwa suatu proses belajar mengajar dianggap berhasil sebagai berikut
Daya serap terhadap bahan pelajaran yang diajarkan mencapai presentasi tinggi, baik secara individu maupun kelompok

Perilaku yang digariskan dalam tujuan pengajaran/ instruksional khusus (TIK) telah dicapai oleh siswa baik secara individu maupun kelompok














Penilaian Keberahasialan

Berdasarkan tujuan dan ruang lingkupnya, tes prestasi belajar dapat digolongkan kedalam
jenis penilaian sebagai berikut;
Tes formatif
Tes subsumatif
Tes sumatif

Tingkat Keberahasilan

Tingkat keberhasilan dibagi beberapa tingkatan diantaranya
1. Istimewa/ maksimal : bahan pelajaran dikuasai keseluruhan
2. Baik sekali/ optimal : 76% s.d 99% dikuasa oleh siswa
3. Baik/ minimal : 60% s.d 75% dikuasai oleh siswa
4. Kurang : kurang 60% dikuasai oleh siswa

Proses Perbaikan 

Pelajaran perbaikan biasanya mengandung kegiatan sebagai berikut
a. Mengulang pokok bahan keseluruhan
b. Mengulang bagian yangkan di kuasai
c. Memecahkan masalah soal bersama-sama
d. Memberikan tugas khusus

Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan

tujuannya adalah pedoman sekaligus sebagai sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan belajar mengajar. Tercapainya tujuan sama halnya keberhasilan pengajaran. Tujuan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar mengajar dalam setiap kalipertemuan kelas.

Kegiatan pelajaran

Yaitu terjadinya interaksi antara guru dengan anak didik dengan bahan sebagai perantaraanya
Bahan dan alat evaluasi
Yaitu suatu bahan yang terterdapat didalam kurikulum yang sudah diperlajari oleh anak didik guna kepentingan ulangan 

Demikian artikel singkat ini, semoga bermanfaat

0 Response to "Keberhasilan Dalam Belajar Mengajar"

Post a Comment