Pengertian dan Maksud Dari Belajar



Apakah yang dimaksud dengan belajar
Pengertian /definisi belajar adalah sebagai berikut;
Hal belajar ini sangat kompleks sehingga tak dapat dikatakan dengan pasti apakah sebenarnya belajar itu. Definisi belajar bergantung pada teori belajar yang dianut oleh seseorang. Adapun beberapa pengertian belajar adalah;

1.      Belajar adalah perubahan-perubahan dalam sistem urat saraf
Belajar adalah pembentukan “S-R bonds” atau hubungan-hubungan tertentu dalam sistem urat saraf sebagai hasil respons-respons terhadap stimulus. Belajar adalah mengurangi “resistence” atau  “hambatan” pada “syinoptic gaps”. Belajar adalah pembentukan saluran-saluran yang lancer dalam sistem urat saraf.
Pada definisi yang diatas dianggap belajar itu sebagai perubahan perubahan fisiologis yang tak dapat dibuktikan atau disangkal kebenarannya. Tetapi yang nyata bagi kita adalah bahwa perubahan itu terjadi pada salah satu bagian dari organism, yakni hanya dalam sistem urat saraf.
2.   Belajar adalah penambahan pengetahuan. Definisi dalam praktik sangat banyak dianut di sekolah dimana guru-guru berusaha memberikan ilmu sebanyak mungkin dan murid bergiat untuk mengumpulkannya.
3.      Belajar sebagai perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan.
Perubahan itu tidak hanya mengenai jumlah pengetahuan, penghargaan, minat, penyesuaian diri. Karena itu seorang yang belajar tidak sama lagi dibandingkan sebelumnya, karena ia lebih sanggup menghadapi kesulitan memecahlkan masalah atau menyesuaikan diri dengan keadaan. Ia tidak hanya menambah pengetahuannya, akan tetapi dapat pula menerapkannya secara fungsional dalam situasi situasi hidupnya.

Jadi, belajar adalah perubahan perilaku dari semula belum mengetahui sesuatu menjadi mengetahuinya. Soseorang yang belajar berarti ia sedang mengumpulkan pengetahuan sebanyak-banyak yang kemudian pengetahuan itu dapat di aplikasikan kedalam kehidupannya.

0 Response to "Pengertian dan Maksud Dari Belajar"

Post a Comment