Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan proses sistem
pembelajaran, di antaranya faktor guru, faktor siswa, sarana, alat dan media
yang tersedia, serta faktor lingkungan.
1. Faktor guru
Guru adalah komponen yang
sangat menentukan dalam implementasi suatu strategi pembelajaran. Tanpa guru,
bagaimanpun bagus dan idealnya sutau strategi, maka strategi itu tidak mungkin
bisa diaplikasikan.
Guru dalam proses pembelajaran
memegang peran yang sangat penting. Peran guru, apalagi untuk siswa pada usia
pendidikan dasar, tak mungkin dapat digantikan oleh perangkat lain, seperti
telivisi, radio, computer, dan lain sebagainya. Sebab siswa adalah organism
yang sedang berkembang yang memerlukan bimbingan dan bantuan orang dewasa.
2. Faktor siswa
Siswa adalah organisme yang
unik yang berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya. Perkembangan anak
adalah perkembangan seluruh aspek kepribadiannya, akan tetapi tempo dan irama
perkembangan masing-masing anak pada setiap aspek tidak selalu sama. Proses
pembelajaran dapat dipengaruhi oleh perkembangan anak yang tidak sama itu, di
samping karakteristik lain yang melekat pada diri anak. Faktor-faktor yang
dapat mempengaruhi proses pembelajaran dilihat dari aspek siswa meliputi aspek
latar belakang, sifat dan sikap serta penampilan.
3. Faktor saran dan prasarana
Sarana adalah segala sesuatu
yang mendukung secara langsung terhadapt kelancaran proses pembelajaran,
misalnya media pembelajaran, alat-alat pelajaran, perlengkapan sekolah, dan
lain sebagainya. Sedangkan prasarana
adalah segala sesuatu yang secara tidak langsung dapat mendukung keberhasilan proses
pembelajaran, misalnya jalan menuju sekolah, penerangan sekolah, kamar kecil,
dan lain sebagainya. Kelengkapan sarana dan prasaran akan membantu guru dalam
penyelenggaraan proses pembelajaran, dengan demikian sarana dan prasarana merupakan
komponen penting yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran.
4. Faktor lingkungan
Dilihat dari dimensi
lingkungan ada dua faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran, yaitu
faktor organisasi kelas dan faktor iklim social-psikologis.
a. Faktor
organisasi kelas yang didalamnya meliputi jumlah siswa dalam satu kelas
merupakan aspek penting yang bisa mempengaruhi proses pembelajaran.
b. Faktor iklim social-psikologis
maksudnya, keharmonisan hubungan antara orang yang terlibat dalam proses
pembelajaran. Iklim sosial ini dapat terjadi secara internal atau eksternal.
Iklim
sosial-psikologis secara internal adalah hubungan antara orang yang terlibat
dalam lingkungan sekolah, misalanya antara siswa dengan siswa, antara siswa
dengan guru, antara guru dengan guru, bahkan antara guru dengan pimpinan
sekolah.
Iklim
sosial-psikologis secara eksternal adalah keharmonisan hubungan pihak sekolah
dengan dunia luar, misalnya hubungan sekolah dengan oran tua siswa, hubungan
sekolah dengan lembaga-lembaga masyarakat, dan lain sebagainya.
0 Response to "Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Sistem Pembelajaran"
Post a Comment