Faktor-faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual

Faktor-faktor Yang Memepengaruhi Kemampuan Intelektual

Dalam kehidupan sehari-sehari, kita seringkali mendengar orang berbicara mengenai intelegensi/intelektual sebagai factor yang menentukan berhasil tidaknya siswa di sekolah.

Pengetahuan mengenai tingkat intelektual siswa akan membantu pengajar menentukan apakah siswa mampu mengikuti pengajaran yang diberikan, serta meramalkan keberhasilan atau gagalnya siswa yang bersangkutan bila telah mengikuti pengajaran yang telah diberikan.


Meski demikian, perlu diingat bahwa prestasi siswa tidak semata-mata ditentukan oleh tingkat kemampuan inelektualnya saja. Factor-faktor lain seperti motivasi, sikap, kesehatan fisik dan mental. Kepribadian, ketekunan, dan lain-lain perlu dipertimbangkan sebagai factor-faktor lain yang turut mempengaruhi prestasi.















Banyak fakator yang dapat mempengaruhi kemampuan intelektual siswa. Bayley (1979) di dalam studinya menemukan beberapa factor yang mempengaruhi kemampuan intelektual indivifdu, yaitu;
1.      Keturunan
Studi korelasi nilai-nilai tes intelegensi di antara anak dan orang tua, atau dengan kakek-neneknya, menunjukkan adanya pengaruh factor keturunan terhadap tingkat kemampuan mental seseorang sampai pada tingkat tertentu.
2.      Latar Belakang Sosial Ekonomi
Pendapatan keluarga, pekerjaan orang tua dan factor-faktor social ekonomi lainnya, berkorelasi positif dan cukup tinggi dengan taraf kecerdasan individu mulai usia 3 tahun sampai dengan remaja.
3.      Lingkungan hidup
Lingkungan yang kurang baik akan menghasilkan kemampuan intelektual yang kurang baik pula. lingkungan yang dinilai paling buruk bagi perkembangan intelegensi adalah panti-panti asuhan serta institusi lainnya. Terutama bila anak ditempatkan di sana sejak awal kehidupannya.
4.      Kondisi Fisik
Keadaan gizi yang kurang baik, kesehatan yang buruk, perkembangan fisik yang lambat, menyebabkan tingkat kemampuan mental yang rendah.
5.      Iklim Emosi
Iklim emosi di mana individu dibesarkan mempengaruhi perkembangan mental individu yang bersangkutan.

Demikian beberapa factor yang dapat mempengaruhi kemampuan intelektual.

0 Response to "Faktor-faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual"

Post a Comment