Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru menciptakan dan memelihara
kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya apabila terjadi gangguan
dalam proses belajar mengajar.
1. Tujuan keterampilan mengelola
kelas, yaitu;
a. Mendorong siswa mengembangkan
tingkah lakunya sesuai tujuan pembelajaran
b. Membantu siswa menghentikan
tingkah lakunya yang menyimpang dari tujuan pembelajaran
c. Mengendalikan siswa dan saran
pembelajaran dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan untuk mencapai tujuan
pembelajaran
d. Membina hubungan interpersonal
yang baik antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa, sehingga kegiatan
pembelajaran menjadi efektif
2. Komponen-komponen
keterampilanmengelola kelas, yaitu;
a. Keterampilan yang berhubungan
dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal (bersifat
preventif). Keterampilan ini berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengambil
inisiatif dan mengendalikan kegiatan pembelajaran, sehingga berjalan secara
optimal, efisien dan efektif
b. Keterampilan yang berhubungan
dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal. Keterangan ini berkaitan
dengan respon guru terhadap gangguan siswa yang berkelanjutan. Dalam hal ini
guru dapat mengadakan tindakan remedial untuk mengembalikan kondisi belajar
yang optimal
3. Prinsip-prinsip keterampilan
mengelola kelas, yaitu;
a. Memodifikasi tingkah laku
siswa yang mengalami masalah dan memodifikasi tingkah laku tersebut dengan
mengoptimalkan pemberian penguatan secara sistematis
b. Guru dapat menggunakan
pendekatan pemecahan masalah kelompok dengan cara; memperlancar tugas-tugas,
memelihara kegiatan kelompok, memelihara semangat siswa, dan menangani konflik
yang timbul
c. Menemukan dan memecahkan
tingkah laku yang menimbulkan masalah. Guru dapat menggunakan seperangkat cara
untuk mengendalikan tingkah laku keliru yang muncul, dan ia mengetahui
sebab-sebab dasar yang mengakibatkan ketidakpatuhan tingkah laku tersebut serta
berusaha untuk menemukan pemecahannya.
0 Response to "Keterampilan Guru Dalam Mengelola kelas"
Post a Comment