Pengelolaan Kelas

PENGELOLAHA KELAS

Yaitu salah satu tugas guru yang tidak pernah ditingkatkan, guru mengelolah kelas ketika ada tugas. Suharsimi Arikunto menegaskan, bahwa kelas yang dimaksud disini adalah kelas dengan sistem pengajaran klasikal dalam pengajaran secara tradisional. Pengertia yang dikemukakan tersebuat adalah pengertian menurut pandangan didaktif. Pandangan menurut umum dibedakan menjadi dua bagian; a). Pandangan segi siswa. b). Pandangan dari segi fisik.



Tujuan pengelolahan kelas

Pengelolahan kelas yang dilakukan oleh guru bukan tanpa tujuan. Karena ada tujuan itulah guru berusaha mengelolah kelas, walau terkadang melelahkan fisikmaupun pikiran dirasakan.

Berbagai pendekatan mengelolah kelas

Pengelolahan kelas oleh guru tidak lain adalah untuk meningkatkan kegairahan belajar anak didik baik secara berkelompok maupun individual. Berbagai pendekatan tersebut sebagai berkut;

a. pendekatan kekuasaan
b. pendekatan ancaman
c. pendekatan kebebasan
d. pendekatan resep
e. pendekatan pengajaran
f. pendekatan perubahan tingkah laku
g. pendekatan suasana emosi dan hubungan sosial
h. pendekatan proses klompok
i. prndekatan elektis atau pluralistik

Prinsip Pengelolahan Kelas

Dalam rangka memperkecil masalah gangguan dalam pengelolahan kelas,prinsip pengelolahan dapat di gunakan. Maka adalah penting bagi guru untuk mengetahui dan menguasai prinsip tersebut dan sebagai berikut;

1. hangat dan antusias
2. Tantangan
3. Bervariasi
4. Keluwesan
5. penekanan pada hal yang positif
6. penamaan disiplin diri

keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal, keterampilan ini berhubungan dengan kompotisi guru dalam mengambil inisiatif dan mengendalikan pelajaran serta aktifitas yang berkaitan dengan keterampilan sebagai berikut;

a. sikap tanggapan
1. mengandung secara saksama
2. gerak mendekati
3. memberikan pernyataan
4. memberikan reaksi terhadap gangguan dan ketakacuhan
b. membagi perhatian
1. Visual
2. Verbal
c. pemusatan perhatian kelompok
1. menberi tanda
2. pertanggung jawban
3. pengarahan dan petunjuk yang jelas
4. Penghentian
5. Penguasaan
6. Kelancaran
7. Kecepatan

keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal

keterampilan ini berkaitan tanggapan guru terhadap gangguan anak didik yang berkelanjutan dengan maksud agar guru dapat mengadakan tindakan remedial untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal. Bukan kesalahan profesional guru apabila ia tidak dapat menangani setiap masalah anak didik dalam kelas. Maka guru mesti menggunakan strategi sebgai berikut;

1. modifikasi tingkah laku
2. pendekatan pemecahan masalah kelompok
3. menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah
Beberapa Masalah Mengelolah Kelas
keanekaragaman masalah perilaku siswa itu menimbulkan beberapa masalah pengelolahan kelas. Menurut Made Pidarta masalah ini berhubungan dengan perilaku siswa antara lain;
1. kurang kesatuan, dengan adanya kelompok-kelompok dan pertentangan jenis kelamin
2. tidak ada standat perilaku dalam bekerja kelompok misalnya ribut dll.
3. Reaksi negatif antara anggota kelompok
4. Kelas mentoleransi kekeliruan temannya
5. Mudah mereaksi negatif/ terganggu
6. Moral rendah
7. Tidak mampu menyesuaikan dengan lingkungan yang berubah seperti tugas tambahan.
Demikian, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengelolaan Kelas"

Post a Comment