Mengajar yang
efektif adalah proses pembelajaran yang mampu memberikan nilai tambah atau
informasi baru bagi siswa. Dengan proses pembelajaran siswa benar-benar
memperoleh tambahan infomrasi baru dari guru. Guru ketika mengajar harus
benar-benar memiliki kemampuan untuk menjelaskan atau memberikan materi yang
bermakna dan baru bagi siswa, sehingga siswa dalam mengikuti pembelajaran dari
guru akan semakin menyenangkan.
Pembelajaran
yang efektif tidak cukup hanya ditentukan oleh kemampuan atau kualitas guru
saja, tetapi ditentukan oleh berbagai elemen atau factor secara simultan. Oleh
sebab itu dalam melaksanakan pembelajaran guru dituntut untuk memiliki
kemampuan untuk melaksanakan perencanaan atau persiapan yang matang. Salah satu
perencanaan harus didasarkan atas kondisi atau potensi yang dimiliki siswa.
Efisiensi dan
efektivitas mengajar ditentukan oleh kemampuan guru dalam melakukan inovasi
atau improvisasi dalam pembelajaran. Artinya guru harus memiliki kemampuan
membantu murid-murid agar bisa belajar dengan baik. Untuk memperolehnya
dibutuhkan beberapa komponen, yaitu:
1.
Aspek materi, yaitu kemampuan guru dalam mendesain dan mengemas materi
pelajaran yang akan disampaikan, bagaiman mengurutkan penyampaian materi
pelajaran, bagaiman guru menarik perhatian atau minat siswa dalam pelajaran,
bagaiman guru menciptakan hubungan (interaksi) secara harmonis dan bagaiman
guru mengakhiri dalam menyampaikan materi pelajaran.
2.
Modal kesiapan. Yaitu realitas sikap dan perilaku atau tindakan guru yang
dipraktekkan selama melakukan proses pembelajaran. Sikap dan gerakan akan ikut
membantu keberhasilan dalam pembelajaran. Siswa yang mudah jenuh dalam menerima
pelajaran akan merasa bosan atau malas untuk memahami materi pelajaran. Modal
kesiapan ini meliputi gerakan dan suara, yaitu seorang guru dalam melakukan
pembelajaran harus memiliki variasi dalam gerakan, suara, dan variasi dalam
penggunaan media atau saran.
3. Keterampilan operasional, yaitu kemampuan guru dalam malaksanakn tahapan
dalam proses pembelajaran. Yang termasuk keterampilan operasional adalah
kemampuan guru dalam membuka pelajaran, memberikan motivasi, kemampuan
mengajukan pertanyaan kepada siswa, kemampuan menggunakan waktu yang efisien
dan kemampuan guru dalam menggapai atau menjawab pertanyaan dari siswa.
Adapun untuk
mengukur seberapa berhasilkah cara mengajar guru adalah dengan memahami keadaan
siswa. Salah satu ukuran keberhasilan guru dalam mengajar biasanya siswa dalam
memahami materi ditentukan oleh ketertarikan siswa kepada guru. Siswa yang
menjadi lebih tertarik terhadap materi, lebih aktif dan lebih mudah
memahami apa yang disampaikan guru merupakan beberapa indikator keberhasilan
dalam menyampaikan pembelajaran dari guru kepada siswa.
0 Response to "Bagaimana Mengajar Yang Efektif"
Post a Comment