Berceramah
merupakan salah satu dari metode pengajaran yang paling lama digunakan, namun
apakah metode semacam ini memiliki tempat dalam lingkungan belajar aktif?
Karena terlalu sering digunakan, metode ceramah tidak akan menghantarkan pada
pembelajaran, namun ada kalanya cara ini bisa efektif. Agar bisa efektif, guru
harus terlebih dahulu membangkitkan minat, memaksimalkan pemahaman dan
pengingatan, melibatkan siswa selama penceramahan dan menekankan kembali apa
yang telah disajikan. Berikut adalah sejumlah pilihan untuk melakukan hal itu;
A. Membangkitkan
minat
1.
Paparkan kisah
atau tayangan menarik
Sajikan anekdot yang relevan, kisah
fiksi, kartun atau gambar grafis yang bisa menarik perhatian siswa terhadap apa
yang anda ajarkan.
2.
Ajukan soal
cerita
Ajukan soal yang nantinya akan
menjadi bahan sajian dalam ceramah pengajaran
3.
Pertanyaan
penguji
Ajukan pertanyaan kepada siswa
(sekalipun mereka baru sedikit memiliki pengetahuan tentang mata pelajaran)
agar mereka termotivasi untuk mendengar ceramah anda dalam rangka mendapatkan
jawabannya.
B. Memaksimalkan
pemahaman dan pengingatan
4.
Headline/kepala
berita
Susunlah kembli poin-poin utama
dalam ceramah menjai kata-kata kunci yang berfungsi sebagai subjudul verbal
atau bantuan mengingat.
5.
Contoh dan
analogi
Berikan gambaran nyata tentang
gagasan dalam penceramahan dan jika memungkinkan, buatlah perbandingan antara
materi anda dengan pengetahuan dan pengalaman yang siswa miliki.
6.
Cadangan
visual
Gunakan grafik lipat, transparansi,
buku pegangan dan peragaan yang memungkinkan siswa melihat dan mendengar apa
yang anda katakan.
C. Melibatkan
siswa dalam penceramahan
7.
Tantangan
kecil
Lakukan interupsi ceramah secara
berkala dan tantanglah sisa untuk memberikan contoh tentang konsep-konsep yang
telah disajikan selama ini atau untuk menjawab pertanyaan kuis ringan.
8.
Latihan yang memperjelas
Selama menyajikan materi selinglah
dengan kegiatan yang memperjelas hal-hal yang anda sampaikan.
D. Memperkuat
apa yang telah disampaikan
9.
Soal penerapan
Ajukan masalah atau pertanyaan untuk
dipecahkan oleh siswa berdasarkan informasi yang disampaikan selama pengajaran.
10. Tinjauan
siswa
Perintahkan siswa untuk meninjau isi
dari penyampaian pelajaran kepada sesame, atau berilah mereka tes penilaian
diri.
Demikian beberapa cara untuk
mengefektifkan pengajaran bagi guru yang menggunakan metode ceramah, semoga
bermanfaat.
0 Response to "10 Cara Mengefektifkan Pengajaran Dengan Metode Ceramah"
Post a Comment