KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR
Suatu proses belajar mengajar tentang suatu bahan
pengajaran dinyatakan berhasil apabila memenuhi tujuan instruksional khusus
dari bahan tersebut
Indikator
keberhasilan
Petunjuk bahwa suatu proses belajar mengajar
dianggap berhasil sebagai berikut
Daya serap terhadap bahan pelajaran yang diajarkan mencapai presentasi tinggi, baik secara individu maupun kelompok
Daya serap terhadap bahan pelajaran yang diajarkan mencapai presentasi tinggi, baik secara individu maupun kelompok
Perilaku yang digariskan dalam tujuan pengajaran/
instruksional khusus (TIK) telah dicapai oleh
siswa baik secara individu maupun kelompok
Penilaian
Keberahasialan
Berdasarkan tujuan dan ruang lingkupnya, tes
prestasi belajar dapat digolongkan kedalam
jenis penilaian sebagai berikut;
Tes formatif
Tes subsumatif
Tes sumatif
Tingkat
Keberahasilan
Tingkat keberhasilan dibagi beberapa tingkatan
diantaranya
1. Istimewa/ maksimal : bahan pelajaran dikuasai
keseluruhan
2. Baik sekali/ optimal : 76% s.d 99% dikuasa
oleh siswa
3. Baik/ minimal : 60% s.d 75% dikuasai oleh
siswa
4. Kurang : kurang 60% dikuasai oleh siswa
Proses Perbaikan
Pelajaran perbaikan biasanya mengandung
kegiatan sebagai berikut
a. Mengulang pokok bahan keseluruhan
b. Mengulang bagian yangkan di kuasai
c. Memecahkan masalah soal bersama-sama
d. Memberikan tugas khusus
Faktor
Yang Mempengaruhi Keberhasilan
tujuannya adalah pedoman sekaligus sebagai
sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan belajar mengajar. Tercapainya tujuan
sama halnya keberhasilan pengajaran. Tujuan adalah salah satu faktor yang
mempengaruhi keberhasilan belajar mengajar dalam setiap kalipertemuan kelas.
Kegiatan
pelajaran
Yaitu terjadinya interaksi antara guru dengan
anak didik dengan bahan sebagai perantaraanya
Bahan dan alat evaluasi
Bahan dan alat evaluasi
Yaitu suatu bahan yang terterdapat didalam
kurikulum yang sudah diperlajari oleh anak didik guna kepentingan ulangan
Demikian artikel singkat ini, semoga bermanfaat
0 Response to "Keberhasilan Dalam Belajar Mengajar"
Post a Comment