Memiliki Bentuk Motivasi Yang Akurat
Proses belajar mengajar adalah suatu proses yang
dengan sengajar diciptakan untuk kepentingan anak didik. Motivasi mempunyai
peran penting bagi setiap anak didik. Apalah artinya anak didik pergi kesekolah
tanpa motivasi untuk belajar. Hal yang perlu diketahui
oleh guru sebagai berikut;
1. Membangkitkan dorong kepada anak didik untuk
belajar
2. Menjelaskan secara konkret kepada anak didik
apa yang dapat dilakukan tanpa akhir pelajaran
3. Memberikan ganjaran terhadap presintasi yang
dicapai anak didik sehingga dapat merangsang untuk mendaptkan presintasi yang
lebih baik di kemudian hari.
4. Membentuk kebiasan belajar yang baik
5. Membantu kesulitan belajar anak didik secara
individual maupun kelompok
6. Menggunakan metode yang bervariasi.
Mentuk Motivasi Untuk Mempertahankan Minat Anak
Didik Untuk Belajar.
a. Memberi angka
b. Hadiah
c. Pujian
d. Gerak ubuh
e. Memberikan tugas
f. Memberikan ulangan
g. Mengetahui hasil
h. Hukuman
MENGEMBANGKAN VARIASI MENGAJAR
Tujuan Variasi Mengajar
Penggunaan variasi terutama di tujukan terhadap
perhatian siswa, mitivasi, dan belajar siswa. Tujuan mengadakan variasi
dimaksud adalah
Meningkatkan dan memelihara perhatian siswa
terhadap relevansi proses belajar mengajar
Memberikan kesempatan kemungkinan berfungsinya motifasi
Memberikan kesempatan kemungkinan berfungsinya motifasi
Membentuk sikap positif terhadap guru dan sekolah
Memberikan kemungkinan pilihan dan fasilitas
belajar individual
Mendorong anak didik untuk belajar
Pringsip penggunaan variasi mengajar sebagai berikut;
Dalam menggunakan keterampilan variasi sebagai
sebaiknya semua jenis variasi digunakan dan harus menggunakan variasi komponen
untuk tiap jenis variasi.
Menggunakan variasi secara lancar dan
kesenambungan, sehingga moment proses belajar mengajar yang utuh tidak rusak.
Menggunakan komponen variasi harus benar
terstruktur dan direncanakan oleh guru
Bentuk Umpan Balik
a. Umpan balik tingkath laku yang menyangkut
perhatian dan keterlibatan
b. Umpan balik informasi tentang pengetahuan dan
pelajaran
Komponen variasi belajar mengajar dibagi tiga
kelompok yaitu;
1. Variasi gaya melajar
a. Variasi suara
b. Penekanan
c. Pemberian waktu
d. Kontak pandang
e. Gerakan anggota badan (Gesturing)
f. Pindah posisi
2. Variasi media dan bahan ajaran
Memiliki 3 komponen dalam variasi penggunaan
media
a. Variasi media pandang
1. membantu secara konkret konsep berfikir, dan
mengurangi respon yang kuarang bermanfaat
2. memiliki secara potensial perhatian anak didik
pada tingkat yang tinggi
3. dapat membuat hasil belajar yang riil yang
akan mendorong kegiatan mandiri anak didik
4. mengembangkan secara berfikir berkesenambungan,
seperti halnya dalm film
5. memberikan pengalamn yang tidak mudah dicapai
oleh alat lain
6. menambah frekuensi kerja, lebih dlam dan
variasi belajar
b. variasi media dengar
c. variasi media taktik
d. variasi media interaksi
variasi ini memiliki rentang geak dari dua kutub
yaitu;
a. anak didik bekerja atau belajar secara bebas
tanpa campur tangan dari guru
b. anak didik mendengarkan dengan pasif
0 Response to "Motivasi, Teknik Umpan Balik dan Variasi Mengajar"
Post a Comment