Motivasi, Teknik Umpan Balik dan Variasi Mengajar

Memiliki Bentuk Motivasi Yang Akurat

Proses belajar mengajar adalah suatu proses yang dengan sengajar diciptakan untuk kepentingan anak didik. Motivasi mempunyai peran penting bagi setiap anak didik. Apalah artinya anak didik pergi kesekolah tanpa motivasi untuk belajar. Hal yang perlu diketahui
oleh guru sebagai berikut;


1. Membangkitkan dorong kepada anak didik untuk belajar
2. Menjelaskan secara konkret kepada anak didik apa yang dapat dilakukan tanpa akhir pelajaran
3. Memberikan ganjaran terhadap presintasi yang dicapai anak didik sehingga dapat merangsang untuk mendaptkan presintasi yang lebih baik di kemudian hari.
4. Membentuk kebiasan belajar yang baik
5. Membantu kesulitan belajar anak didik secara individual maupun kelompok
6. Menggunakan metode yang bervariasi.














Mentuk Motivasi Untuk Mempertahankan Minat Anak Didik Untuk Belajar.

a. Memberi angka
b. Hadiah
c. Pujian
d. Gerak ubuh
e. Memberikan tugas
f. Memberikan ulangan
g. Mengetahui hasil
h. Hukuman

MENGEMBANGKAN VARIASI MENGAJAR

Tujuan Variasi Mengajar

Penggunaan variasi terutama di tujukan terhadap perhatian siswa, mitivasi, dan belajar siswa. Tujuan mengadakan variasi dimaksud adalah
Meningkatkan dan memelihara perhatian siswa terhadap relevansi proses belajar mengajar
Memberikan kesempatan kemungkinan berfungsinya motifasi
Membentuk sikap positif terhadap guru dan sekolah
Memberikan kemungkinan pilihan dan fasilitas belajar individual
Mendorong anak didik untuk belajar
Pringsip penggunaan variasi mengajar sebagai berikut;

Dalam menggunakan keterampilan variasi sebagai sebaiknya semua jenis variasi digunakan dan harus menggunakan variasi komponen untuk tiap jenis variasi.

Menggunakan variasi secara lancar dan kesenambungan, sehingga moment proses belajar mengajar yang utuh tidak rusak.

Menggunakan komponen variasi harus benar terstruktur dan direncanakan oleh guru
Bentuk Umpan Balik

a. Umpan balik tingkath laku yang menyangkut perhatian dan keterlibatan
b. Umpan balik informasi tentang pengetahuan dan pelajaran
Komponen variasi belajar mengajar dibagi tiga kelompok yaitu;
1. Variasi gaya melajar
a. Variasi suara
b. Penekanan
c. Pemberian waktu
d. Kontak pandang
e. Gerakan anggota badan (Gesturing)
f. Pindah posisi
2. Variasi media dan bahan ajaran

Memiliki 3 komponen dalam variasi penggunaan media

a. Variasi media pandang
1. membantu secara konkret konsep berfikir, dan mengurangi respon yang kuarang bermanfaat
2. memiliki secara potensial perhatian anak didik pada tingkat yang tinggi
3. dapat membuat hasil belajar yang riil yang akan mendorong kegiatan mandiri anak didik
4. mengembangkan secara berfikir berkesenambungan, seperti halnya dalm film
5. memberikan pengalamn yang tidak mudah dicapai oleh alat lain
6. menambah frekuensi kerja, lebih dlam dan variasi belajar
b. variasi media dengar
c. variasi media taktik
d. variasi media interaksi
variasi ini memiliki rentang geak dari dua kutub yaitu;
a. anak didik bekerja atau belajar secara bebas tanpa campur tangan dari guru
b. anak didik mendengarkan dengan pasif


0 Response to "Motivasi, Teknik Umpan Balik dan Variasi Mengajar"

Post a Comment