Pemilihan dan Penentuan Metode Dalam Pengajaran



PENDUDUKAN PEMILIHAN DAN PENENTUAN METODE DALAM PENGAJARAN

Kedudukan Metode Dalam Belajar Mengajar

Dari analisis yang dilakukan, lahirlah pemahaman tentangkedudukan metode sebagai alat motivasi ekstrimsik, sebagai strategi pengajaran, dan sebagai alat buntuk mencapai tujuan.
Pemilihan dan penentuan metode
Pentingnya pemilihan dan penentuan metode meliputi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode pengajaran;

1.      Nilai strategi metode
2.      Efektifitas penggunaan metode
3.      Pentingnya memilih dan menentukan metode
4.      Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode;
a.       Anak didik
b.      Tujuan
c.       Situasi
d.      Fasilitas
e.       Guru
Macam-Macam Metode Mengajar
Metode-metode yang diuraikan berikut ini;
1.      Metode Proyek
Yaitu cara penyajian pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah, kemudian dibahas dari berbagai segi yang berhubungan sehingga pemecahannya secara keseluruhan bermakna. Dalam menggunakan metode proyek memiliki kelebihan sebagai berikut.
a.       Kelebihannya
Dapat memperluas pemikiran siswa yang berguna dalam menghadapi masalah hidup
Dapat membina siswa dengan kebiasaan menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam kehidupan sehari-harisecar terpadu
b.      Kekurangan
1.      Kurikulum indonesia yang berlaku saat ini
2.      Emilihan topik unik yang tepat sesuai dengan kebutuhan khusus siswa cukup fasilitas dan sumber belajar yang ldiperlukan bukanlah suatu pekerjaan yang mudah
3.      Bahan belajar serin menjadi luas














2.      Metode Eksperimen
Yaitu cara penyajian pelajaran, dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuai pelajaran yang diberikan. Metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut;
a.       Kelebihan metode eksperimen.
1.      Membuat siswa lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaan.
2.      Dapat membina siswa untuk membuat terobosan baru denganpenemuan dari hasil percobaannya dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.
3.      Hasil percobaan yang berhasil dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran umat manusia.
b.      Kekurangan metode eksperimen
1.      Metode ini lebih sesuai dengan bidangsain dan teknologi.
2.      Metode ini memerlukan berbagai fasilitas peralatan dan bahan yang tidak selalu mudah diperoleh dan mahal
3.      Metode ini menuntut ketelitian, keuletan dan ketabahan
4.      Setiap percobaan tidak selalu berhasil yang diharapkan karena mungkin ada faktor tertentu yang berada diluar jangkauan kemampuan atau pengendalian
Metode Tugas Dan Resitasi.
Yaitu metode penyajian bahan di mana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Metode ini diberikan karena dirasakan bahan pelajaran terlalu banyak, sementara waktunya sedikit.tugas dan resitasi tidak sama dengan pekerjaan rumah, tapi jauh lebih luas dari itu. Tugas dan resitasi merangsang anak untuk aktif balajar, baik secara individu maupun secara kelompok.
Langkah Yang Harus Diikuti Metode tugas Dan Resitasi
1.      Fase pemberian tugas
Tugas yang diberikan kepada siswa hendaknya dipertimbangkan
Tujuan yang akan dicapai
Jenis tugas yang jelas dan tepat sehingga anak mengerti yang diberikan tugas tersebut
Sesuai dengan kemampuan siswa
Ada petunjuk/ sumber yang dapat membantupekerjaan  
2.      Langkah pelaksanaan tugas
Diberikan bimbingan / pengawasan oleh guru
Diberikan dorongan sehingga anak mau belajar
Diusahakan/ dikerjakan oleh siswa sendiri, tidak menyuruh orang lain
3.      Face mempertanggung jawaban tugas
Laporan siswa baik lisan/ tulisan dari pada yang telah dikerjakan
Ada tanya jawab diskusi kelas
Penilaian hasil pekerjaan siswa baik dengan tes maupun dengannontes / cara lainnya.

Kelebihan Dan Kekurangannya
a.       Kelebihan
Lebih merangsang siswa dalam melakukan aktifitas belajar mengajar individu ataupun kelompok
Dapat mengembangkan kemandirian siswa diluar pengawasan guru
Dapat membina tanggung jawab dan disiplin siswa.
b.      Kekurangan
Siswa sulit dikontrol
Khusus untuk tugas kelompok, tidak jarang yang aktif mengerjakan dan menyelesaikannya adalah anggota tertentu saja
Tidak mudah memberikan tugas yang sesuai dengan perbedaan individu siswa
Metode Diskusi
Yaitu cara penyajian pelajaran, dimana siswa diharapkan kepada suatu masalah yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipercahkan bersama. Teknik diskusi adalah salah satu teknik belajar mengajar yang dilakukan oleh guru disekolah.
1.      Kebaikan dan kekurangan metode ini
a.       Memperluas wawasan
b.      Mengembangkan sikap menghargai pendapat oranglain
c.       Merangsang kreativitas anak didik dalam bentuk ide, gagasan prakarsa, dan terobosan baru dalam pemecahan suatu masalah
2.      Kekurangannya
a.       Tidak dapat dipakai pada kelompok besar
b.      Peserta dapat informasi yang batas
c.       Pembicara terkadang menyimpang, sehingga memerlikan waktu yang wajar
Metode Sosiodrama
Pada dasarnya mendramatisasikan tingkah laku dalam hubungan dengan masalah sosial.

Tujuannya sebagai berikut;
1.      Agar siswa dapat menghayati dan menghargai perasaan orang lain
2.      Dapat belajar bagaimana menagi tanggung jawab
3.      Merangsang kelas untuk berfikir dan memecahkan masalah
Kelebihan dan kelemahan metode ini;
1.      Kelebihan
a.       Siswa melatih dirinya untuk melatih, memahami, dan mengingat isi bahan yang akan didramakan.
b.      Siswa akan melatih untuk lebih berinisiatif dan berkreatif.
c.       Siswa memperoleh kebiasaan untuk menerima dan membagi tangguang jawab dengan sesamanya.
d.      Bahasa lisan siswa dapat dibina menjadi bahasa yang baik agar mudah dipahami orang lain.
2.      Kelemahan
Sebagai besar anak tidak ikut bermain dramamereka menjadi kurang kereatif
Memerlukan tempat yang cukup luas, jika tempat bermain sempit menjadi kurang besar
Metode Demotrasi
Yaitu cara penyajian pelajaran denga memeragakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya ataupuntiruan, yang sering disertakan dengan penjelasan lisan.
1.      Kelebihannya
a.       Siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari
b.      Proses pelajaran lebih menarik
c.       Siswa diharapkan untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teoridengan kenyataan, dan mencoba melakukan nya sendiri.
2.      Kekurangan
a.       Metode ini memerlukan keterampilan guru secara khusus, karena tanpa ditunjukan dengan hal itu, pelaksanaan demoktrasi akan tidak efektif
b.      Fasilitas seperti peralatan, tempat, dan biaya yang cukup memadai tidak selalu tersedia dengan baik
c.       Demonstrasi memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang di samping memerlukan waktu yang cukup panjang
Metode Problem Solving
Metode pemecahan masalah bukan hanya sekedar metode mengajar, tapi juga merupakan metode berpikir. Penggunaan metode ini mengikuti langkah;
1.      Adanya masalah yang jelas untuk dipecahkan
2.      Mencari data atau keterampilan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut
3.      Menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut
4.      Menguji kebenaran sementara tersebut
Kelebihan dan kekurangannya
1.      Kelebihan
a.       Metode ini dapat membuat pendidikan disekolah menjadi lebih relevan dengan kehidupan, khusus nya dengan dunia kerja
b.      Proses belajar mengajar melalui pemecahan masalah dapat membiasakan para siswa menghadapi dan memecahkan masalah secara terampil
c.       Metode ini merangsang pengembangan kemampuan berfikirsiswa secara kreatif dan menyeluruh
2.      Kekurangan
a.       Menetukan suasan masalah yang tingkat kesulitannya sesuai dengan tingkat berfikir siswa Dalam proses belajar mengajar mengunakan metode ini memerlikan waktu yang banyak dan sering terpaksa mengambil pelajaran lain
b.      Mengubah kebisaan siswa belajar dengan memerdekakan dan berfikir memecah permasalahan sendiri dan kelompok.
Demikian penjelasan singkat ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pemilihan dan Penentuan Metode Dalam Pengajaran"

Post a Comment