PENDUDUKAN PEMILIHAN DAN PENENTUAN METODE DALAM
PENGAJARAN
Kedudukan Metode Dalam Belajar Mengajar
Dari analisis yang dilakukan, lahirlah pemahaman
tentangkedudukan metode sebagai alat motivasi ekstrimsik, sebagai strategi
pengajaran, dan sebagai alat buntuk mencapai tujuan.
Pemilihan dan penentuan metode
Pemilihan dan penentuan metode
Pentingnya pemilihan dan penentuan metode
meliputi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode pengajaran;
1. Nilai
strategi metode
2. Efektifitas
penggunaan metode
3. Pentingnya
memilih dan menentukan metode
4. Faktor-faktor
yang mempengaruhi pemilihan metode;
a.
Anak didik
b.
Tujuan
c.
Situasi
d.
Fasilitas
e.
Guru
Macam-Macam Metode Mengajar
Metode-metode yang diuraikan berikut ini;
1. Metode Proyek
Yaitu cara penyajian pelajaran
yang bertitik tolak dari suatu masalah, kemudian dibahas dari berbagai segi
yang berhubungan sehingga pemecahannya secara keseluruhan bermakna. Dalam
menggunakan metode proyek memiliki kelebihan sebagai berikut.
a. Kelebihannya
Dapat memperluas pemikiran siswa
yang berguna dalam menghadapi masalah hidup
Dapat membina siswa dengan kebiasaan menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam kehidupan sehari-harisecar terpadu
Dapat membina siswa dengan kebiasaan menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam kehidupan sehari-harisecar terpadu
b. Kekurangan
1.
Kurikulum indonesia yang berlaku saat ini
2.
Emilihan topik unik yang tepat sesuai dengan kebutuhan
khusus siswa cukup fasilitas dan sumber belajar yang ldiperlukan bukanlah suatu
pekerjaan yang mudah
3.
Bahan belajar serin menjadi luas
2.
Metode
Eksperimen
Yaitu cara penyajian pelajaran,
dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri
sesuai pelajaran yang diberikan. Metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan
sebagai berikut;
a. Kelebihan
metode eksperimen.
1.
Membuat siswa lebih percaya atas kebenaran atau
kesimpulan berdasarkan percobaan.
2. Dapat
membina siswa untuk membuat terobosan baru denganpenemuan dari hasil
percobaannya dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.
3. Hasil
percobaan yang berhasil dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran umat manusia.
b.
Kekurangan metode eksperimen
1. Metode
ini lebih sesuai dengan bidangsain dan teknologi.
2. Metode
ini memerlukan berbagai fasilitas peralatan dan bahan yang tidak selalu mudah
diperoleh dan mahal
3. Metode
ini menuntut ketelitian, keuletan dan ketabahan
4. Setiap
percobaan tidak selalu berhasil yang diharapkan karena mungkin ada faktor
tertentu yang berada diluar jangkauan kemampuan atau pengendalian
Metode Tugas Dan Resitasi.
Metode Tugas Dan Resitasi.
Yaitu metode penyajian bahan di
mana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar.
Metode ini diberikan karena dirasakan bahan pelajaran terlalu banyak, sementara
waktunya sedikit.tugas dan resitasi tidak sama dengan pekerjaan rumah, tapi
jauh lebih luas dari itu. Tugas dan resitasi merangsang anak untuk aktif
balajar, baik secara individu maupun secara kelompok.
Langkah Yang Harus Diikuti
Metode tugas Dan Resitasi
1. Fase
pemberian tugas
Tugas yang diberikan kepada
siswa hendaknya dipertimbangkan
Tujuan yang akan dicapai
Tujuan yang akan dicapai
Jenis tugas yang jelas dan
tepat sehingga anak mengerti yang diberikan tugas tersebut
Sesuai dengan kemampuan siswa
Sesuai dengan kemampuan siswa
Ada petunjuk/ sumber yang dapat
membantupekerjaan
2. Langkah
pelaksanaan tugas
Diberikan bimbingan /
pengawasan oleh guru
Diberikan dorongan sehingga
anak mau belajar
Diusahakan/ dikerjakan oleh
siswa sendiri, tidak menyuruh orang lain
3. Face
mempertanggung jawaban tugas
Laporan siswa baik lisan/
tulisan dari pada yang telah dikerjakan
Ada tanya jawab diskusi kelas
Ada tanya jawab diskusi kelas
Penilaian hasil pekerjaan siswa
baik dengan tes maupun dengannontes / cara lainnya.
Kelebihan Dan Kekurangannya
a. Kelebihan
Lebih merangsang siswa dalam
melakukan aktifitas belajar mengajar individu ataupun kelompok
Dapat mengembangkan kemandirian
siswa diluar pengawasan guru
Dapat membina tanggung jawab dan disiplin siswa.
Dapat membina tanggung jawab dan disiplin siswa.
b. Kekurangan
Siswa sulit dikontrol
Khusus untuk tugas kelompok,
tidak jarang yang aktif mengerjakan dan menyelesaikannya adalah anggota tertentu saja
Tidak mudah memberikan tugas
yang sesuai dengan perbedaan individu siswa
Metode Diskusi
Yaitu cara penyajian pelajaran,
dimana siswa diharapkan kepada suatu masalah yang bisa berupa pernyataan atau
pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipercahkan bersama.
Teknik diskusi adalah salah satu teknik belajar mengajar yang dilakukan oleh
guru disekolah.
1.
Kebaikan dan kekurangan metode ini
a.
Memperluas wawasan
b.
Mengembangkan sikap menghargai pendapat
oranglain
c.
Merangsang kreativitas anak didik dalam bentuk
ide, gagasan prakarsa, dan terobosan baru
dalam pemecahan suatu masalah
2.
Kekurangannya
a.
Tidak dapat dipakai pada kelompok besar
b.
Peserta dapat informasi yang batas
c.
Pembicara terkadang menyimpang, sehingga
memerlikan waktu yang wajar
Metode Sosiodrama
Pada dasarnya mendramatisasikan
tingkah laku dalam hubungan dengan masalah sosial.
Tujuannya sebagai berikut;
1.
Agar siswa dapat menghayati dan menghargai
perasaan orang lain
2.
Dapat belajar bagaimana menagi tanggung jawab
3.
Merangsang kelas untuk berfikir dan memecahkan
masalah
Kelebihan dan kelemahan metode
ini;
1.
Kelebihan
a.
Siswa melatih dirinya untuk melatih, memahami,
dan mengingat isi bahan yang akan didramakan.
b.
Siswa akan melatih untuk lebih berinisiatif dan
berkreatif.
c.
Siswa memperoleh kebiasaan untuk menerima dan
membagi tangguang jawab dengan sesamanya.
d.
Bahasa lisan siswa dapat dibina menjadi bahasa
yang baik agar mudah dipahami orang lain.
2.
Kelemahan
Sebagai besar anak tidak ikut
bermain dramamereka menjadi kurang kereatif
Memerlukan tempat yang cukup luas, jika tempat bermain sempit menjadi kurang besar
Memerlukan tempat yang cukup luas, jika tempat bermain sempit menjadi kurang besar
Metode Demotrasi
Yaitu cara penyajian pelajaran
denga memeragakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau
benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya ataupuntiruan, yang
sering disertakan dengan penjelasan lisan.
1.
Kelebihannya
a.
Siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari
b.
Proses pelajaran lebih menarik
c.
Siswa diharapkan untuk aktif mengamati,
menyesuaikan antara teoridengan kenyataan, dan mencoba melakukan nya sendiri.
2.
Kekurangan
a.
Metode ini memerlukan keterampilan guru secara
khusus, karena tanpa ditunjukan dengan hal itu, pelaksanaan demoktrasi akan
tidak efektif
b.
Fasilitas seperti peralatan, tempat, dan biaya
yang cukup memadai tidak selalu tersedia dengan baik
c.
Demonstrasi memerlukan kesiapan dan perencanaan
yang matang di samping memerlukan waktu yang cukup panjang
Metode Problem Solving
Metode pemecahan masalah bukan
hanya sekedar metode mengajar, tapi juga merupakan metode berpikir. Penggunaan
metode ini mengikuti langkah;
1.
Adanya masalah yang jelas untuk dipecahkan
2.
Mencari data atau keterampilan yang dapat
digunakan untuk memecahkan masalah tersebut
3.
Menetapkan jawaban sementara dari masalah
tersebut
4.
Menguji kebenaran sementara tersebut
Kelebihan dan kekurangannya
1.
Kelebihan
a.
Metode ini dapat membuat pendidikan disekolah
menjadi lebih relevan dengan kehidupan, khusus nya dengan dunia kerja
b.
Proses belajar mengajar melalui pemecahan
masalah dapat membiasakan para siswa menghadapi dan memecahkan masalah secara
terampil
c.
Metode ini merangsang pengembangan kemampuan
berfikirsiswa secara kreatif dan menyeluruh
2.
Kekurangan
a.
Menetukan suasan masalah yang tingkat
kesulitannya sesuai dengan tingkat berfikir siswa Dalam proses belajar mengajar mengunakan metode ini memerlikan
waktu yang banyak dan sering terpaksa mengambil pelajaran lain
b.
Mengubah kebisaan siswa belajar dengan
memerdekakan dan berfikir memecah permasalahan sendiri dan kelompok.
Demikian penjelasan
singkat ini, semoga bermanfaat.
0 Response to "Pemilihan dan Penentuan Metode Dalam Pengajaran"
Post a Comment