Cara Guru Mengatasi Siswa Yang Suka Bolos Pada Waktu Belajar

Salah satu indikator siswa yang bandel adalah siswa yang sering membolos dalam sekolahnya, perilaku bolos merupakan salah satu perilaku yang sangat tidak disukai oleh para guru dan orang tua.

Banyak sebab mengapa siswa sering bolos. misalnya karena siswa ingin menonton pertunjukkan sesuatu, diajak temannya bermain ketika jam pelajaran, bosan dalam sekolahnya, dan bahkan ada siswa yang membolos karena tidak menyukai beberapa mata pelajaran di sekolah, dan masih banyak alasan lainnya mengapa siswa membolos.


Bolos belajar sudah menjadi fenomena umum di sekolah. Siswa meninggalkan kelas saat jam pelajaran masih berlangsung. Minta izin kepada guru namun tidak kembali sampai jam pelajaran berakhir.
Pasti ada yang tidak beres. Padahal siswa tahu, kalau bolos belajar itu merugikan. Siswa akan ketinggalan materi pelajaran. Bahkan, tawuran antar pelajar sering terjadi pada jam sekolah. Buktinya, mereka masih mengenakan seragam sekolah.

Untuk mengantisipasi siswa bolos belajar, ada beberapa alternatif upaya yang perlu dilakukan oleh guru:


1.   Sajikan materi pelajaran secara menarik dan menyenangkan. Ini akan mampu mereduksi kebiasaan siswa untuk sering minta izin dengan berbagai alasan.

2.   Ciptakan suasana komunikasi harmonis dengan siswa. Komunikasi yang harmonis antara guru dan siswa akan membuat siswa merasa betah berada di kelas.

3.  Ciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi siswa, misalkan guru tidak hanya memberikan materi pelajaran melulu, namun diselingi berbagai permainan educatif dan suasana humoris di sekolah.

4.   Kuasai seisi  ruangan kelas dengan cermat.  Ini mencegah siswa yang meninggalkan kelas diam-diam tanpa sepengetahuan guru. Misalnya saat guru menulis di papan tulis. Oleh sebab itu posisi berdiri saat menulis di papan tulis tidak membelakang penuh kepada siswa.

5.   Atur siswa yang minta izin meninggalkan kelas. Jangan bolehkan siswa minta izin lebih dari satu orang secara bersamaan. Melainkan izinkan secara bergantian satu persatu siswa. Ada semacam budaya antri untuk minta izin meninggalkan kelas.

6.   Jika memungkinkan, siswa yang minta izin supaya menuliskan nama dan lamanya waktu meninggalkan kelas. Hal ini ditulis di pojok kanan papan tulis. Jika ada siswa lain yang ingin minta izin, dapat membaca siapa yang sedang minta izin. Cara seperti ini membantu guru untuk memantau siswa yang sedang meninggalkan kelas atau siswa yang bolos.

Semoga beberapa cara tersebut diatas dapat membantu guru dalam menangani siswa yang suka membolos pada saat sekolah.



0 Response to "Cara Guru Mengatasi Siswa Yang Suka Bolos Pada Waktu Belajar"

Post a Comment