Peran Sikap Orang Tua Terhadap Kreativitas Anak


Sejak lama, para ahli psikologi menemukan bahwa sikap dan nilai orang tua berkaitan erat dengan kreativitas anak. Menurut penelitian yang telah dilakukan bahwa sikap orang tua secara langsung mempengaruhi kreativitas anak mereka. Beberapa faktor yang menentukan menurut ambile ialah;













1.       Kebebasan

Orang tua yang percaya untuk memberikan kebebasan kepada anak cenderung mempunyai anak yang kreatif. Mereka tidak otoriter, tidak selalu mau mengawasi anak dan mereka tidak terlalu membatasi kegiatan anak. Mereka juga tidak terlalu cemas mengenai anak mereka.

2.       Respek

Anak yang kreativitas biasanya mempunyai orang tua yang menghormati mereka sebagai individu, percaya akan kemampuan mereka, dan menghargai keunikan anak. Anak-anak ini secara alamiah mengembangkan kepercayaan diri untuk berani melakukan sesuatu yang orisinil.

3.       Kedekatan emosional yang sedang

Kreativitas  anak dapat dihambat dengan suasana emosional yang mencerminkan rasa permusuhan, penolakan atau rasa terpisah. Tetapi keterikatan emosional yang berlebihan juga tidak menunjang pengembangan kreativitas anak, mungkin karena kurang memberikan kebebasan kepada anak untuk tidak bergantung pada orang lain dalam menentukan pendapat atau minat. Anak perlu merasa bahwa ia diterima dan disayangi tetapi seyogyanya tidak menjadi terlalu tergantung kepada orang tua.

4.       Presatasi bukan angka

Orang tua anak kreatif menghargai prestasi anak, mereka mendorong anak untuk berusaha sebaik-baiknya dan menghasilkan karya-karya yang baik. Tetapi mereka tidak terlalu menekankan untuk mencapai angka atau nilai tinggi, atau mencapai peringkat tertinggi. Bagi mereka mencapai angka tertinggi kurang penting dibandingkan mempunyai imajinasi dan kejujuran.

5.       Orang tua aktif dan mandiri

Bagaiman sikap orang tua terhadap diri sendiri amat penting, karena orang tua menjadi model utama bagi anak. Orang tua anak yang kreatif merasa aman dan yakin tentang diri sendiri, tidak memperdulikan status sosial dan tidak terpengaruh tuntutan sosial. Mereka juga amat kompeten dan mempunyai banyak minat, baik di dalam maupun di luar rumah.

6.       Menghargai kreativitas

Anak yang kreatif memperoleh banyak dorongan dari orang tua untuk melakukan hal-hal yang kreatif.  Salah satu upaya yang dapat dilakukan orang tua adalah selalu menghargai kreativitas anak, ketika anak merasa dihargai kreativitasnya, maka anak akan lebih memacu lagi kreativitasnya.

1 Response to "Peran Sikap Orang Tua Terhadap Kreativitas Anak"